Alat Pemadam Api Busa Ini Keunggulannya dalam Memadamkan Api

alat pemadam api busa

Alat pemadam api ringan sekarang bukanlah hal yang asing. Banyak orang sudah yang menggunakannya untuk mendapat proteksi akan kebakaran. Maka, Anda juga harus mengetahuinya. Dimulai dari cara merawatnya, kelas kebakarannya dan juga medianya, seperti alat pemadam api busa yang akan dibahas pada artikel ini.

Keuntungan Menggunakan Alat Pemadam Api Busa

Sifat busa yang ringan sangat efektif untuk memadamkan api, terutama pada kelas kebakaran A dan B. Ditambah lagi prinsip kerja dari APAR busa yang bisa dengan cepat mengisolasi sumber api, membuat APAR jenis ini sangat direkomendasikan. Apalagi lapisan busa dapat mencegah timbulnya ledakan pusat api, membuat APAR ini menjadi pilihan lengkap sekaligus tepat untuk menangani kebakaran kelas A dan B.

Alat Pemadam Api Busa dan Pemakainnya Dalam Kelas Kebakaran

Namun, sayangnya APAR foam ini tidak bisa digunakan untuk kelas kebakaran C. Meskipun dengan media busa, tapi alat pemadam api ini masih menyimpan sedikit air, oleh sebab itu tidak bisa digunakan pada kelas kebakaran C yang disebabkan oleh masalah elektrikal, karena dikhawatirkan dapat menimbulkan konsleting.

Kelas Kebakaran yang Dapat Ditangani Menggunakan APAR Foam

Alat pemadam api busa bekerja dengan cara menutup dan mengisolasi sumber api untuk menghilangkan kontak antara sumber api dan oksigen (segitiga api). Busa yang menutupi sumber api juga berfungsi untuk mendinginkan titik api, supaya api tidak berkobar lagi.

Meskipun medianya sama-sama busa, ternyata APAR foam masih terbagi lagi menjadi 2 kelas:

Alat Pemadam Api Busa dan Klasifikasi A dan B

  • Kelas A: busa kelas A ini biasanya digunakan untuk menangani kebakaran hutan. Busa ini berguna untuk menekan surface tension pada air. Busa ini juga membuat bahan bakar tersaturasi supaya api tidak menyala kembali.
  • kelas B: dibagi lagi menjadi dua bagian yaitu busa sintetik dan Aqueous Film Forming Foams (AFFF). Busa sintetik mempunyai keungulan cepat mengalir dan memadamkan api. Lalu,¬†Aqueous Film Forming Foams (AFFF) mempunyai keunggulan bisa menutup sumber api dengan lapisan yang diciptakan dari media busa.

Nah, itu semua informasi mengenai APAR foam atau busa, semoga informasi ini bermanfaat. Kedepannya diharap Anda bisa menggunakan alat pemadam api ini dengan tepat dan bijak. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan inspeksi pada APAR dan meng-update-nya pada kartu APAR, yang bisa dibantu dengan aplikasi FIRECEK.

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt