Apa itu Alat Pemadam Api Ringan (APAR)?

pemadam api ringan

Pemadam api ringan adalah salah satu jenis dari alat pemadam api atau fire extinguisher yang memiliki ukuran portable yaitu 1 kg sampai 9 kg.

Alat pemadam api ini dirancang untuk penggunaan dan proteksi dari kebakaran kecil. Biasanya digunakan untuk penggunaan pribadi seperti di rumah, kendaraan seperti mobil pribadi atau bus, ruang kantor, fasilitas umum, dan sebagianya.

 

pemadam api ringan

 

Dengan ukurannya yang relatif kecil dan ringan dimaksudkan agar alat ini dapat digunakan oleh siapa saja dan di mana saja karena mudah dibawa.

Pengoperasian alat ini cukup dioperasikan oleh satu orang saja. Namun pengguna tentunya harus mengetahui cara menggunakan alat pemadam api yang tepat agar dapat memadamkan api dengan cepat dan tepat.

Alat pemadam api ini biasanya berukuran 1 kg, 2 kg, 3 kg, 4 kg, 5 kg, 6 kg, dan 9 kg dengan berbagai varian media pemadam api. Media pemadam api yang sering digunakan yaitu:

 

pemadam api ringan co2 foam powder

 

Yang perlu Anda perhatikan yaitu alat pemadam api ringan dapat berfungsi sebagai “first attack” ketika api masih dalam ukuran kecil. Hal itu dikarenakan kapasitas media yang terbatas.

Contohnya pada penggunaan alat pemadam api media dry chemical powder ukuran 3 kg, alat pemadam tersebut hanya dapat digunakan selama 14 detik sampai medianya habis. Waktu tentunya tersebut tidaklah cukup jika digunakan untuk memadamkan api yang besar dan luas.

Untuk itu perlu diperhatikan juga jumlah alat pemadam api ringan jika suatu ruangan atau gedung memiliki potensi kebakaran besar.

 

Bentuk Fisik Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

Bentuk fisik alat pemadam api memiliki tabung berwarna merah (rata-rata tabung alat pemadam api berwarna merah di Indonesia) dan berukuran tidak terlalu besar dan cenderung mudah dijinjing atau dibawa.

Umumnya terdapat lima komponen pada sebuah alat pemadam api ringan yaitu:

pemadam api ringan bagian tabung selang dan pressure gauge

Sumber: Bromindo

 

Seiring berkembangnya teknologi, alat pemadam api ringan juga mengalami perubahan dan peningkatan kualitas yang dapat meningkatkan upaya proteksi dari kebakaran.

Pilihlah alat pemadam api yang sesuai agar api dapat ditangani lebih dini dan lakukan perawatan rutin minimal 6 bulan sekali untuk memastikan alat pemadam api dalam keadaan bagus.

Anda bisa melakukan perawatan dan pengecekan sendiri dengan aplikasi pengecekan alat pemadam api FIRECEK atau menggunakan jasa on site service kami. Kami akan datang langsung ke lokasi Anda dan melakukan servis di tempat.

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt