Apa Saja Alat Pemadam Api untuk Kapal?

Ketika berada di laut banyak hal yang perlu dipersiapkan, tidak hanya bekal logistik namun juga kebutuhan proteksi akan kebakaran. Dengan kebutuhan proteksi yang tidak bisa ditawar, maka penyediaan alat pemadam api untuk kapal harus dipersiapkan dengan serius.

Jenis media APAR-pun harus disesuiakan juga dengan ruangan dalam kapal yang akan diproteksi. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui media APAR yang cocok untuk digunakan di atas kapal. Kelas kebakaran yang terjadipun juga harus diidentifikasi dengan seksama. Nah, kebetulan di bawah ini akan dijabarkan perihal masalah-masalah tersebut.

 

Alat Pemadam Api untuk Kapal Menurut Medianya

Pada bagian ini akan dibagikan beberapa media APAR yang biasa digunakan di atas kapal:

Alat Pemadam Api untuk Kapal Menurut Medianya

  • Media soda asam: Media ini berasal dari reaksi antara┬ánatrium bikarbonat (soda kue) dan asam sulfat yang menghasilkan CO2. Senyawa CO2 yang dihasilkan APAR ini bisa memadamkan api dari kelas kebakaran A yang berasal dari benda padat mudah terbakar. Namun, sekarang media ini sudah tidak dipakai karena beracun.
  • Media air: Media air ini adalah pengganti dari APAR yang menggunakan media soda asam. Media air ini dianggap mampu memadamkan api dari kelas kebakaran A. Namun dalam penggunaannya harus hati-hati, karena harus memperhatikan alat-alat elektronik yang ada di sekitar area kebakaran.
  • Media foam: Media ini sangat cocok digunakan untuk kelas kebakaran B yang disebabkan benda cair mudah terbakar. APAR ini biasanya ditempatkan di ruangan mesin atau penyimpanan bahan bakar kapal. APAR dengan media foam┬átersedia dalam dua sistem yaitu mekanik dan kimia.
  • Media CO2: APAR dengan media ini sangat cocok digunakan untuk ruangan dalam kapal dengan banyak barang elektronik seperti control room, karena sifat media ini yang non-konduktor. Media ini dirancang untuk memadamkan api dari kelas kebakaran B dan C.

 

Alat Pemadam Api untuk Kapal yang Cocok untuk Semua Kelas Kebakaran

Alat Pemadam Api untuk Kapal yang Cocok untuk Semua Kelas Kebakaran

Alat pemadam api yang cocok digunakan untuk segala jenis kebakaran di kapal adalah dry chemical powder. Jika APAR dengan media air, foam dan CO2 tidak bisa digunakan di suatu ruangan dalam kapal, maka dry chemical powder bisa digunakan di ruangan tersebut.

APAR dengan media ini bisa ditempatkan di tempat yang terdapat banyak barang elektronik seperti control room, karena sifat powder yang non-konduktor. Media powder bahkan bisa diletakkan di ruangan penyimpanan bahan bakar kapal.

Setelah mengetahui apa saja media APAR yang bisa digunakan di atas kapal, maka Anda juga harus memperhatikan perawatan dan peletakan APAR yang sesuai dengan standar. Jika Anda merasa kesulitan dalam melakukan pejadwalan perawatan APAR, maka Anda bisa menggunakan bantuan dari FIRECEK.

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt