Mengenal Media APAR Foam AFFF

APAR foam AFFF adalah sub-media dari media foam. APAR foam AFFF ini dibentuk dari air yang dicampur dengan surfaktan berbasis hidrokarbon seperti sulfat sodium alkylfluoro surfactant seperti: fluorotelomers, asam perfluorooctanoic (PFOA), asam perfluorooctanesulfonic (PFOS). Campuran dari bahan-bahan tersebut yang akhirnya menghasilkan media pemadam api.

 

Kelas Kebakaran Apa yang Bisa Dipadamkan APAR Foam AFFF?

APAR Foam AFFF dan Kelas Kebakarannya

APAR foam AFFF dikenal bisa memadamkan api kelas kebakaran A dan kelas kebakaran B. Kelas kebakaran A yang disebabkan oleh benda padat mudah terbakar, sangat efektif dipadamkan menggunakan APAR foam AFFF. Tidak hanya itu, kelas kebakaran B yang disebabkan benda cair mudah terbakar juga bisa dipadamkan dengan media ini.

 

Cara Kerja APAR Foam AFFF

Meski media foam AFFF bisa digunakan pada kelas kebakaran A, tetapi media ini lebih populer digunakan untuk kelas kebakaran B. Media foam dianggap bisa secara efektif dan aman memadamkan kelas kebakaran karena pola kerjanya yang dapat mengisolasi sumber api.

Ketika foam AFFF disemprotkan ke sumber api, maka busa yang keluar akan dengan cepat menutup dan mengisolasi sumber kebakaran. Saat sumber api dapat diisolasi, maka kontaknya dengan oksigen akan terputus. Lalu, setelah kontak api dan oksigen terputus (segitiga api), secara otomatis api akan padam.

APAR Foam AFFF Cara Kerjanya

Selain itu, media foam AFFF juga bisa digunakan untuk memadamkan api yang tidak bisa dipadamkan APAR cair. Seperti misalnya api yang disebabkan oleh minyak. Karena sifat minyak yang tidak bisa menyatu dengan air, maka dikhawatirkan air akan mendorong bahan bakar dan justru malah memperluas titik api.

Maka dari itu, digunakanlah foam AFFF yang dapat mengisolasi api tanpa harus mendorong bahan bakar minyak. Ketika sumber api diisolasi, maka bahan bakar cair-pun tidak dapat bergerak dan resiko titik api menyebar bisa dihentikan.

Nah, setelah informasi seputar foam AFFF ini dibagikan untuk Anda, diharap Anda bisa menggunakan APAR foam AFFF dengan tepat. Dengan ini, Anda juga diajak untuk lebih teliti lagi dalam memanfaatkan media pemadam api. Jangan sampai media yang seharusnya membawa keuntungan, malah jadi penyebab bencana karena salah penggunaan.

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt