APAR Foam AFFF: Fungsi, Prinsip Kerja & Cara Menggunakannya

Foam fire extinguisher atau APAR foam AFFF adalah salah satu jenis alat pemadam api yang paling banyak digunakan. Sesuai namanya, jenis alat pemadam api ini menggunakan media pemadam api berupa foam atau busa. 

Kelas Kebakaran yang Bisa Diproteksi APAR Foam AFFF

APAR foam AFFF kualitas terbaik

APAR Foam menggunakan jenis APAR yang menggunakan media Aqueous Film Forming Foam (AFFF). AFFF terdiri dari campuran air dengan surfaktan berbasis hidrokarbon, seperti sulfat sodium alkyl dan fluoro surfactant.

Fungsi APAR Foam AFFF adalah bisa mengatasi kebakaran kelas A yang disebabkan oleh benda padat mudah terbakar, seperti kayu, karet, kain, plastik, dll. APAR foam bisa diaplikasikan untuk beberapa area berikut ini.

  • Toko kain
  • Gudang kayu
  • Pabrik kertas

APAR Foam juga bisa digunakan untuk mengatasi kebakaran kelas B yang dipicu oleh bahan cair dan gas mudah terbakar. Mulai dari bensin, oli, minyak, tiner, alkohol, gas LPG, dll. Alat pemadam api foam bisa digunakan untuk proteksi area berikut ini:

  • Depo pengisian bahan bakar
  • Kilang minyak
  • Laboratorium

APAR media foam banyak digunakan untuk memproteksi area industri yang berpotensi mengalami kebakaran dan benda padat dan cair. Terutama di industri oil dan gas, karena bekerja sangat cepat dalam memadamkan kebakaran yang bersumber dari minyak.

Baca juga: Klasifikasi Kelas Kebakaran A, B, C, D yang Berlaku di Indonesia

Apakah APAR Foam AFFF Bisa Digunakan untuk Mengatasi Kebakaran Kelas C?

APAR Foam AFFF untuk kebakaran kelas A dan B

Kebakaran kelas C merupakan golongan kebakaran yang diakibatkan oleh adanya masalah pada instalasi listrik, seperti korsleting listrik dan hubungan pendek arus listrik.

Lalu, apakah api kelas C bisa diatasi dengan menggunakan APAR Foam AFFF? Jawabannya adalah tidak. Mengapa? Hal ini karena APAR Foam menggunakan media campuran antara air dengan surfaktan hidrokarbon.

Karena mengandung air, maka jenis alat pemadam api ini tidak disarankan untuk mengatasi kebakaran kelas C. Air merupakan benda cair yang bersifat konduktor. Oleh karena itu, kebakaran elektrikal tidak boleh diatasi dengan APAR foam.

Jika menggunakan APAR Foam, justru bisa memperparah kebakaran karena sifat alat pemadam api ini yang bisa menghantarkan listrik. Selain itu, hal ini juga bisa membahayakan pengguna APAR saat proses pemadaman api.

Prinsip Kerja APAR Foam AFFF dalam Memadamkan Kebakaran

Prinsip kerja APAR foam AFFF

Menurut teori segitiga api, api terbentuk karena ada reaksi kimia antara sumber panas, bahan bakar, dan oksigen. Jika salah satu unsur pembentuk api itu hilang, maka api akan padam.

Dalam memadamkan api, APAR Foam AFFF bekerja dengan cara mengisolasi sumber api. Saat media APAR disemprotkan ke sumber api, maka busa yang keluar dengan cepat dan mengisolasi sumber kebakaran. 

Saat sumber api terisolasi oleh media foam, maka kontaknya dengan oksigen akan terputus. Setelah kontak api dan oksigen terputus, maka secara otomatis api akan padam. 

Selain itu, APAR Foam juga bekerja dengan cara mendinginkan titik api. Zat surfaktan dan hidrokarbon, seperti sodium alkyl sulfate dan fluorosurfactant bisa mendinginkan api secara cepat, sehingga kebakaran bisa diatasi.

Bagaimana Cara Menggunakan APAR Foam AFFF?

Cara menggunakan APAR

Pada dasarnya, cara menggunakan APAR Foam sama seperti cara penggunaan APAR lainnya. Prosedur penggunaan APAR harus dilakukan menggunakan teknik PASS yang meliputi Pass, Aim, Squeeze, dan Sweep. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan cara menggunakan APAR Foam berikut ini.

1. Pull, Tarik Pin Pengaman

Langkah pertama menggunakan APAR Foam AFFF adalah menarik safety pin atau pin pengaman. Komponen APAR ini terletak di bagian tuas APAR. 

2. Aim, Arahkan Nozzle ke Titik Api

Setelah pin pengaman dilepas, langkah berikutnya adalah pegang ujung selang APAR dengan kuat. Selanjutnya, arahkan nozzle ke titik api atau sumber kebakaran.

3. Squeeze, Tekan Tuas APAR

Untuk mengeluarkan media pemadam api dari dalam tabung, silahkan tekan handle atau tuas APAR secara penuh. Tekan tuas APAR secara terus-menerus sampai api padam atau sampai isi media pemadam api habis.

4. Sweep, Sapukan Media Agar Merata

Sapukan media pemadam api dari kanan ke kiri atau sebaliknya. Tujuannya agar media APAR tersebar merata ke seluruh titik kebakaran, sehingga api akan cepat padam.

Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai fungsi APAR Foam AFFF, prinsip kerja, dan cara menggunakannya. Dapatkan APAR Foam AFFF kualitas terbaik untuk proteksi kebakaran yang lebih optimal. Hubungi kontak kami untuk konsultasi.

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt