Panduan Mudah Cara Inspeksi APAR

APAR atau alat pemadam api ringan sudah bukan menjadi barang asing lagi. Di setiap gedung dan bangunan-bangunan penting, APAR pasti mudah kita temukan. Namun, tentu masih belum banyak yang mengetahui tentang cara inspeksi APAR, yang sebenarnya sangat penting untuk diketahui dan dipelajari langkah-langkahnya.

APAR terbilang alat pemadam yang cukup ekonomis, karena punya umur yang cukup lumayan yaitu sampai 4 tahun. Dengan cukup awetnya APAR bukan berarti APAR bebas dari kerusakan-kerusakan. Perawatan APAR harus tetap dilakukan meski dalam kurun waktu tertentu APAR tidak digunakan.

Di artikel kali ini kami akan bagikan pada Anda yang ingin mengetahui cara inspeksi APAR dengan mudah dan simple.

 

Langkah-langkah Mudah Cara Inspeksi APAR

Seperti yang sudah dibahas tadi, sudah banyak orang yang mengetahui tentang APAR, namun belum tahu cara inspeksi APAR. Pada sesi kali ini akan diberikan panduan cara inspeksi APAR.

Cara Inspeksi APAR dan Komponen-komponen

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa label atau kartu check list yang ada pada APAR. Langkah ini dimaksudkan untuk mencari informasi tentang APAR yang akan diinspeksi.
  2. Langkah berikutnya adalah memeriksa manometer pada APAR yang masih menggunakan pressure gauge untuk mengetahui tekanan pada APAR. Jika jarum pada manometer masih berada pada area hijau, maka tekanannya masih normal. Namun jika jarum semakin turun, ada baiknya untuk mengisi ulang tekanan.
  3. Lalu untuk APAR dengan cartridge, pemeriksaan bisa dilakukan dengan melihat segel cartridge. Jika segel pada cartridge masih utuh, maka dapat dipastikan tekanan APAR dalam keadaan normal.
  4. Berikutnya periksalah safety pin, jika safety pin terputus, berarti APAR sudah pernah digunakan. Jika APAR sudah pernah digunakan, maka harus segera diisi ulang medianya. Setelah diisi ulang medianya, tabung APAR juga harus melewati tes kebocoran.
  5. Selanjutnya pemeriksaan harus dilakukan pada komponen valve. Periksalah kekuatanan pada katupnya, masih cukup kuat atau sudah mengalami penurunan performa. Jika sudah menurun performanya, maka ada baiknya segera diganti.
  6. Komponen berikutnya yang harus diperiksa adalah selang atau hose. Selang harus bebas dari lubang, lipatan dan retak-retak. Jika kerusakan-kerusakan tersebut ditemukan, selang harus segera diganti.
  7. Setelah selang dipastikan aman, selanjutnya nozzle atau ujung selang untuk output media harus dipastikan tidak tersumbat.
  8. Saat semua pemeriksaan komponen sudah dilakuan, selanjutnya Anda harus mengisi info di kartu check list pada tabung APAR. Kartu ini berguna untuk menampung informasi APAR jika kedepannya akan dilakukan inspeksi lagi.
  9. Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah mengembalikan APAR ke tempat semula. Namun jika dirasa tempat semula tidak aman atau sulit dijangkau, maka sebaiknya memindahnya ke tempat penyimpanan baru.

 

Cara Inspeksi APAR di Era Digital

Di era digital ini kita semua semakin dimudahkan dengan banyaknya bantuan dari teknologi, tak terkecuali dalam hal inspeksi APAR. Pada artikel kali ini akan direkomendasikan bagi Anda aplikasi FIRECEK yang akan membantu proses inspeksi APAR. Aplikasi ini bisa memberikan Anda semua informasi tentang APAR yang akan diinspeki.

Cara Inspeksi APAR di Era Digital dengan Aplikasi

Dengan semakin dimudahkannya para pengguna APAR dalam melakukan inspeksi dan perawatan, maka diharap APAR yang dimiliki selalu dirawat. Hal ini guna menjaga APAR selalu dalam kondisi prima dan siap pakai.

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt