Cara Menggunakan Alat Pemadam Api

cara menggunakan alat pemadam api

Alat pemadam api atau fire extinguisher adalah salah satu alat untuk penanganan dini jika terjadi kebakaran dengan media khusus yang telah disesuaikan dengan potensi kelas kebakaran yang akan ditangani.

Alat pemadam api ini banyak kita temukan di fasilitas umum seperti rumah sakit, kantor, apartemen, hotel, restoran, sekolah, atau pabrik. Namun pernahkah terlintas di pikiran Anda bagaimana cara menggunakan alat pemadam api?

Kebanyakan dari kita mungkin hanya berjalanan melewatinya dan tidak terpikirkan hal tersebut. Namun sebenarnya pengetahuan tentang cara menggunakan alat pemadam api perlu diketahui oleh setiap individu. Pengetahuan tersebut sangat diperlukan agar setiap individu mempunyai kesiapan mental dan kemampuan dalam memadamkan api dengan alat pemadam api.

Untuk mempelajari cara menggunakan alat pemadam api tidaklah sulit, Anda hanya perlu mengingat “PASS”.

 

cara menggunakan alat pemadam api

 

  • Pull. Tarik pin pengaman yang ada pada alat pemadam api.
  • Aim. Arahkan nozzle ke dasar api. Dasar api merupakan sumber bahan bakar untuk api menyala. Sehingga ketika bahan bakar dihilangkan, api dengan mudah dapat dipadamkan.
  • Squeeze. Tekan terus handle sampai api dapat dipadamkan atau isinya habis. Media pemadam api akan keluar dan memadamkan api tersebut.
  • Sweep. Sapukan dari kiri ke kanan atau sebaliknya dan terus arahkan ke dasar api.

Sebaiknya gunakan alat pemadam api dalam jarak aman, lalu bergerak ke arah api setelah intensitas api mulai berkurang.

 

Cara Menggunakan Alat Pemadam Api & Tips-tipsnya

Namun mengetahui cara menggunakan alat pemadam api saja tidaklah cukup. Setiap individu juga harus mengetahui protokol yang harus dilakukan sebelum melakukan pemadaman api, yaitu:

  • Nyalakan alarm kebakaran dan hubungi petugas pemadam kebakaran setempat.
  • Sebelum mendekati api, ketahui dan tentukan jalur evakuasi yang aman dari jangkauan api, panas, dan asap yang pekat.
  • Selalu gunakan teknis “PASS” untuk memadamkan api dan sebaiknya menjauh dari area kebakaran ketika api menyala kembali atau sulit untuk dipadamkan.
  • Jika api semakin membesar dan tidak memungkinkan untuk ditangani sendiri, lebih baik segera lakukan evakuasi keluar area kebakaran.

Melalui artikel ini, kami harap Anda dapat mengetahui bagaimana cara menggunakan alat pemadam api dan apa saja yang harus Anda lakukan sebelum menggunakan alat pemadam api. Karena keselamatan Anda lebih berharga, siapkan diri Anda dari bahaya kebakaran setiap saat.

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt