Jenis Alat Pemadam Api Ringan untuk Mobil & Cara Meletakkannya

Kebakaran adalah bencana yang tidak bisa diprediksi kapan datangnya. Bencana ini juga bisa terjadi di mobil, sehingga penting menyediakan alat pemadam api ringan untuk mobil.

Apakah Menyediakan Alat Pemadam Api Ringan untuk Mobil Wajib?

alat pemadam api ringan untuk mobil berkualitas

Pernahkah kamu menemui kejadian mobil terbakar? Peristiwa ini bisa menyebabkan kerugian material, bahkan ada yang menimbulkan korban jiwa. Kamu pasti tidak ingin mengalami hal ini bukan?

Untuk meminimalisir kerugian akibat kebakaran, setiap mobil wajib dilengkapi dengan fasilitas tanggap darurat, seperti alat pemadam api ringan (APAR).

Mulai 2021, Pemerintah Mewajibkan APAR untuk Kendaraan Bermotor

alat pemadam api ringan untuk mobil garansi 5 tahun

Melalui Kementerian Perhubungan, pemerintah Indonesia menerbitkan aturan terkait kewajiban kendaraan dilengkapi dengan APAR mobil.

Peraturan pemerintah yang mewajibkan adanya alat pemadam api ringan untuk mobil antara lain:

  • Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: KP 972/ AJ 502/ DRJD/ 2020 Tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor.
  • Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia No. PM 74 Tahun 2021 Tentang Perlengkapan Keselamatan Kendaraan Bermotor.

Dalam aturan tersebut, dikatakan bahwa setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan wajib memenuhi syarat teknis, yaitu perlengkapan keselamatan, termasuk APAR.

Kenali Jenis Alat Pemadam Api Ringan untuk Mobil Terbaik

Sebelum membeli APAR untuk mobil pribadi, kamu harus tahu bahwa ada banyak jenis APAR. Jadi, jangan sampai salah pilih agar proteksi mobil dengan APAR lebih optimal.

Jenis alat pemadam api yang banyak digunakan di Indonesia antara lain:

Meskipun ada beberapa jenis alat pemadam kebakaran, namun jenis alat pemadam api ringan yang direkomendasikan untuk mobil adalah APAR dry chemical powder.

alat pemadam api ringan untuk mobil teruji damkar dki jakarta

APAR media powder mampu mengatasi kebakaran mobil yang umumnya akibat bahan bakar dan listrik. Hal ini karena powder mampu mengatasi kebakaran kelas A, B, dan C.

  • Kelas A: Bahan padat non-logam mudah terbakar, seperti kayu, karet, kain, dan kertas.
  • Kelas B: Bahan cair dan gas mudah terbakar, seperti bensin, oli, dan gas LPG.
  • Kelas C: Arus listrik bertegangan, seperti konsleting listrik.

Lalu, Berapa Ukuran Alat Pemadam Api Ringan yang Cocok untuk Mobil?

Selain memiliki jenis media yang beragam, ukuran APAR juga berbeda-beda. Untuk perlindungan mobil dari kebakaran, ukuran APAR mobil yang disarankan adalah 1 kg.

APAR mobil 1 kg memiliki bentuk minimalis, sehingga mudah disimpan. Ukuran APAR mobil 1 kg yang minimalis lebih mudah ditempatkan dimana saja di dalam mobil.

Berat APAR 1 kg yang ringan juga membuat siapa saja yang ada di dalam mobil bisa menggunakannya. Oleh karena itu, APAR mobil 1 kg sangat direkomendasikan untuk mobil pribadi.

Ingin Kendaraan Aman dari Kebakaran? APAR Mobil 1 Kg Firefix Solusinya!

alat pemadam api ringan untuk mobil kualitas terbaik

Keamanan dan keselamatan menjadi faktor utama yang wajib diperhatikan saat berkendara. Untuk itu, kamu perlu menyediakan alat pemadam api ringan untuk mobil yang berkualitas.

APAR Mobil 1 Kg Powder Firefix adalah solusi terbaik untuk proteksi kebakaran karena telah tersertifikasi Lab Damkar DKI Jakarta dengan nomor LAB-DAMKAR-DKI-NO.11/LHU/I/2020.

Berapa Harga APAR Mobil 1 Kg?

Masih ragu beli APAR mobil Firefix karena takut harganya mahal? Jangan khawatir, karena harga APAR mobil 1 kg Firefix sangat terjangkau, yaitu hanya Rp181.624,- saja.

Meski terjangkau, kamu akan mendapatkan garansi 5 tahun. Nikmati juga fasilitas pengiriman gratis ongkir untuk wilayah Semarang, Jakarta, Surabaya.

Begini Cara Meletakkan Alat Pemadam Api Ringan untuk Mobil yang Benar

Ada beberapa pilihan cara meletakkan APAR mobil. Namun, perlu diperhatikan bahwa penempatan APAR di mobil harus aman dan mudah diakses ketika terjadi kebakaran.

Jadi, alat pemadam api ringan untuk mobil harus dipasang di lokasi yang mudah dijangkau. Jika diletakkan di bagasi, kamu butuh banyak waktu untuk mengambilnya saat kondisi darurat.

cara meletakkan alat pemadam api ringan untuk mobil

Tempat yang direkomendasikan untuk meletakkan APAR mobil adalah di dalam dashboard dan di bawah kursi penumpang depan.

Penting juga untuk memasang APAR dengan aman untuk mencegah terguling atau tergelincir. Memasang APAR mobil di dekat tempat yang bisa dibaut dengan aman juga menjadi pilihan terbaik.

Cara ini menjadi solusi paling aman agar APAR mobil tidak tergelincir. Pastikan untuk menggunakan sekrup yang kuat untuk memasang bracket APAR agar kuat menopang berat APAR.

Bagaimana Cara Menggunakan APAR Mobil Saat Darurat?

Kamu juga harus tahu bagaimana cara menggunakan APAR mobil. Hal ini sangat penting agar kamu bisa menggunakan APAR dengan benar pada saat mengalami kondisi darurat.

cara menggunakan alat pemadam api ringan untuk mobil

Cara menggunakan APAR mobil sama persis seperti menggunakan APAR lain. Kamu bisa menggunakan Teknik PASS. Yuk, ikuti prosedur penggunaan APAR berikut ini:

1. Pull – Tarik Pin Pengaman

Alat pemadam api ringan untuk mobil dilengkapi dengan pin pengaman atau safety pin. Langkah menggunakan APAR yang pertama adalah dengan menarik komponen pin safety tersebut.

Ingat, saat mencabut pin pengaman jangan sambil menekan tuas atas dan bawah secara bersamaan. Hal ini bisa menyebabkan pin pengaman susah dilepaskan.

2. Aim – Arahkan Selang ke Titik Api

Langkah berikutnya adalah mengarahkan nozzle ke titik api. Nozzle merupakan bagian ujung selang APAR yang akan mengeluarkan media pemadam api dari dalam tabung.

Namun, untuk APAR mobil 1 kg ini tidak dilengkapi dengan selang, sehingga lebih praktis. Cukup dengan mengarahkan APAR saja pada titik api.

3. Squeeze – Tekan Tuas APAR

cara menggunakan alat pemadam api ringan untuk mobil dengan teknik PASS

Jika APAR sudah diarahkan ke titik api, selanjutnya adalah menekan tuas APAR. Tekan tuas atas dan bawah secara penuh agar semua bahan pemadam api bisa keluar dari dalam tabung.

4. Sweep – Sapukan Media Pemadam Api

Cara menggunakan APAR mobil yang terakhir adalah menyapukan bahan pemadam api. Sambil menekan tuas APAR, sapukan nozzle dari kanan ke kiri atau sebaliknya.

Hal ini dilakukan agar media pemadam api bisa tersebar merata ke seluruh titik api. Dengan begitu, maka pemadaman api akan berjalan lancar dan api cepat padam.

Yuk, tingkatkan keamanan saat berkendara dengan menyediakan alat pemadam api ringan untuk mobil. Pakai APAR mobil Firefix karena kualitasnya terbaik.

Untuk konsultasi lebih lanjut, silahkan hubungi kontak kami!

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt