Cari Tahu Detail Kartu APAR

Kartu APAR adalah elemen yang sangat penting saat akan melakukan pengecekan APAR. Dalam pengecekan APAR, informasi yang tertera pada kartu APAR harus dibaca terlebih dahulu sebelum melakukan pemeriksaan dan service pada APAR.

Meskipun sudah banyak orang yang memiliki dan bisa menggunakan APAR, namun masih sedikit yang tahu tentang detail pada kartu APAR. Maka dari itu, artikel ini akan memberikan beberapa informasi mengenai kartu APAR bagi Anda. Supaya kedepannya para pengguna APAR bisa memaksimalkan penggunaan dari kartu APAR ini.

 

Informasi yang Dimuat dalam Kartu APAR

Menurut Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No.Per.04/MEN Tentang Syarat-Syarat Pemasangan dan Pemeliharaan Alat Pemadam Api Ringan, kartu APAR yang sering digunakan adalah jenis F-HSE-21. Dalam kartu APAR tersebut tercantum beberapa kolom yang detailnya adalah sebagai berikut:

Kartu APAR Beserta Kolom-kolom Detailnya

  • Kolom Tanggal, kolom ini digunakan untuk mencatat tanggal kapan pemeriksaan APAR telah dilaksanakan atau tanggal ketika pemeriksaan sedang berlangsung.
  • Kolom Nomor APAR, kolom ini berfungsi untuk mencatat kode atau nomor seri APAR yang biasanya tertera pada tabung APAR.
  • Kolom Jenis, kolom ini berguna untuk mencatat jenis APAR yang sedang diperiksa sesuai media yang ada dalam tabung APAR. Seperti media cair, dry chemical powder, foam atau CO2.
  • Kolom Berat, kolom ini bisa diisi dengan informasi tentang berat bruto tabung ketika dilakukan pemeriksaan.
  • Kolom Tekanan, pada bagian ini, informasi yang dicatat ada dua yaitu ketika jarum pressure gauge ada di area merah dan ketika jarum ada di area hijau.
  • Kolom Kondisi Luar Tabung, kolom ini berfungsi untuk mencatat pemeriksaan komponen APAR seperti tabung, safety pin, selang dan nozzle.
  • Kolom Masa Expired, kolom ini terdiri dari kolom label, pada kolom tersebut bisa dicantumkan keterangan “Ada”, “Sudah Putus”, “Dibuka”, “Lepas”, dan sebagainya.
  • Kolom Metode Pengisian, pada kolom ini Anda bisa mencantumkan informasi isi ulang APAR yang telah dilakukan saat melakukan pemeriksaan. Pada kolom ini bisa ditulis keterangan “Isi Baru”, “Isi Ulang”, maupun “Tera Ulang” sesuai yang sudah dilakukan.
  • Kolom Catatan, pada kolom terakhir ini petugas pengecekan hendaknya menulis informasi tambahan berupa lokasi semula penempatan APAR, atau juga bisa nama perusahaan pemilik APAR tersebut.

 

Aplikasi yang Dapat Menunjang Penggunaan Kartu APAR

Kartu APAR Aplikasi Penunjang

Di era digital ini hal-hal mendetail seperti kartu APAR bisa dibuat lebih simple dengan menggunakan aplikasi FIRECEK. Aplikasi ini bisa membantu pencatatan hal-hal historis mengenai pengecekan APAR milik Anda. Dengan semakin mudahnya mencatat informasi APAR, Anda diharapkan semakin rajin dalam melakukan pengecekan APAR.

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt