Apa Saja Komponen Kelengkapan APAR?

Melihat dan mempelajari komponen kelengkapan APAR adalah hal yang penting. Terkhusus bagi Anda para pengguna APAR. Dengan mengetahui fungsi masing-masing komponen, maka Anda bisa mengunakannya dengan baik. Anda juga bisa melakukan inspeksi APAR dengan mengecek kelengkapan pada APAR.

 

Komponen Output Kelengkapan APAR

Ada beberapa komponen kelengkapan output pada APAR. Komponen-komponen inilah yang membawa dan mengeluarkan media APAR dari dalam tabung APAR menuju ke titik api untuk memadamkan api.

Media pemadam api keluar dari tabung saat tuas APAR ditekan. Pada komponen tuas APAR terdapat juga komponen safety pin yang berfungsi sebagai pengaman tuas APAR saat belum digunakan. Jadi jika APAR akan digunakan, pertama-tama safety pin harus ditarik terlebih dahulu sebelum tuas APAR ditekan.

Kelengkapan APAR Komponen Output

Lalu, komponen selang atau hose bertugas mengalirkan media pemadam api dari dalam tabung menuju ke nozzle. Dengan fungsinya tersebut, komponen ini harus dipastikan tidak tersumbat maupun berlubang. Supaya media pemadam api bisa disalurkan dengan baik ke nozzle.

Komponen output paling akhir adalah nozzle. Corong atau nozzle bertugas untuk menyemprotkan media pemadam api ke sumber kebakaran. Jadi pastikan komponen ini tidak tersumbat. Jika tersumbat akan sangat membahayakan, karena tekanan dari dalam tabung sangat tinggi dan dapat memicu ledakan.

 

Komponen Indikator Tekanan Kelengkapan APAR

Salah satu komponen penting APAR adalah pressure gauge. Komponen ini bertugas sebagi indikator tekanan APAR. Pressure gauge sering kali menjadi komponen pertama yang diperiksa saat melakukan inspeksi APAR.

Kelengkapan APAR Komponen Indikator Tekanan

Saat memeriksa tekanan APAR, lihatlah jarum yang terdapat di dalam komponen pressure gauge. Jika jarum berada di area hijau, berarti tekanan APAR tersebut masih normal. Tekanan normal APAR sekitar 13-15 bar. Jika berada di bawah standar itu, maka APAR harus melakukan isi ulang tekanan.

Dengan mengetahui komponen-komponen APAR, Anda semakin memahami cara kerja APAR. Ditambah lagi dengan mengetahui fungsi masing-masing komponen APAR, akan membuat Anda lebih mudah dalam melakukan inspeksi dan perawatan APAR. Supaya APAR Anda selalu dalam kondisi yang prima.

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt