Masa Kadaluarsa APAR Masing-masing Media

Alat pemadam api ringan dinilai sebagai alat pemadam yang cukup ekonomis. Hal ini dikarenakan masa kadaluarsa APAR cukup panjang. Namun, masa kadaluarsa APAR tidak boleh disepelekan, karena hal ini secara langsung akan mempengaruhi performa APAR.

Media pemadam api yang sudah kadaluarsa dikhawatirkan mengendap dan tidak mau keluar dari tabung. Atau bisa saja keluar, namun justru menyumbat output APAR. Hal ini beresiko memicu ledakan karena tekanan APAR yang tinggi (15-20 bar). Maka dari itu, sangat penting mengetahui masa kadaluarsa APAR agar APAR bisa memberikan manfaat terbaik bagi Anda.

 

Masa Kadaluarsa APAR Menurut Medianya

Alat pemadam api ringan terdiri dari berbagai media yaitu dry chemical powder, foam, cair dan CO2. Masing-masing mempunyai kegunaan dan karakteristik tersendiri. Begitu juga dengan masa kadaluarsa masing-massing media APAR tersebut.

Masa Kadaluarsa APAR CO2 Powder Foam

Media dry chemical powder, cair dan CO2 misalnya, mempunyai masa kadaluarsa sampai 5 tahun. Lalu, media foam memiliki masa kadaluarsa sampai 2 tahun. Meski APAR belum pernah dipakai sama sekali dan masih utuh, namun jika sudah memasuki masa kadaluarsa harus segera dikosongkan dan diisi ulang.

Cara Mencegah Media Rusak Sebelum Memasuki Masa Kadaluarsa APAR

Untuk mencegah media APAR rusak sebelum memasuki masa kadaluarsa, Anda harus meletakan APAR dengan baik dan benar. APAR tidak boleh ditaruh di atas lantai, karena kelembapan pada lantai bisa membuat media dalam tabung APAR rusak meski belum memasuki masa kadaluarsa.

Lalu, jika Anda meletakkan APAR di luar ruangan (outdoor) jangan lupa untuk menggunakan box. Penyimpanan APAR dengan box membuat media APAR terhindar dari cuaca ekstrim yang bisa merusaknya. Box akan membantu APAR terhindar dari sinar matahari langsung dan juga hujan. Penyimpanan dalam box juga menghindarkan APAR dari pencurian dan kerusakan komponen-komponen pada APAR.

Masa Kadaluarsa APAR Terlalu Cepat dan Cara Mencegahnya

Terakhir, jangan lupa untuk selalu melakukan inspeksi dan perawatan pada tabung APAR. Jadwalkan inspeksi dan pengisian ulang APAR Anda menggunakan aplikasi FIRECEK. Jika saat inspeksi ada komponen yang rusak, maka Anda harus segera menggantinya. Jika APAR sudah kadaluarsa saat dilakukan inspeksi, maka Anda harus segera mengisi ulang APAR tersebut.

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt