Peraturan APAR di Mobil & Gedung Terbaru yang Wajib Anda Tahu

Sudah tahu belum, kalau sekarang sudah ada peraturan APAR di mobil terbaru dari pemerintah? Nah, ini sangat penting untuk Anda ketahui, mengingat kebakaran merupakan musibah yang tidak bisa diduga-duga kapan datang.

Peraturan APAR di Mobil Terbaru Tahun Ini yang Wajib Anda Ketahui

APAR (alat pemadam api ringan) menjadi alat proteksi penting untuk mengendalikan dan memadamkan kebakaran kecil. Maka dari itu, pemerintah selalu memperbaharui undang-undang lama menjadi suatu peraturan yang sah dan mulai diberlakukan.

peraturan APAR di mobil terbaru

Semua sudah tertulis di Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor Pm 74 Tahun 2021 Tentang Perlengkapan Keselamatan Kendaraan Bermotor. Di dalam peraturan APAR di mobil tersebut disebutkan tentang syarat yang harus diterapkan oleh masyarakat. Seperti pada:

  • Pasal 2 ayat 1&2,
  • Pasal 3 ayat 3, point b, dan
  • Pasal 30 ayat 2, huruf b, point 1.

Di situ dijelaskan bahwa setiap kendaraan yang beroperasi di jalan harus memenuhi semua persyaratan teknis/peraturan APAR yang berlaku, yaitu menyediakan perlengkapan keselamatan. Kemudian tertulis juga peraturan untuk menyediakan fasilitas tanggap darurat, salah satunya adalah APAR (alat pemadam api ringan).

Peraturan APAR tersebut berlaku untuk semua jenis transportasi, baik itu mobil pribadi, mobil penumpang, bus, maupun mobil barang. Anda bisa lihat undang-undang tertulisnya di sini …

peraturan APAR di mobil terbaru 2022

Apakah peraturan APAR di mobil ini sudah mulai diterapkan?

Penerapan peraturan APAR di mobil ini sudah mulai diterapkan sejak tanggal 30 Agustus 2021 lalu. Jadi, untuk semua jenis kendaraan roda empat atau lebih yang beroperasi di jalan harus memiliki APAR didalamnya.

Peraturan APAR tersebut mengacu pada Peraturan Dirjen Perhubungan Darat Nomor: KP.972/AJ.502/DRJD/2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor.

Pada Pasal 2 ayat (2) UU No 22 Tahun 2009 dijelaskan bahwa setiap kendaraan roda empat harus dilengkapi dengan fasilitas tanggap darurat berupa APAR (alat pemadam api ringan).

Terus, berapa sih peraturan kebutuhan APAR pada setiap mobil? Nah, untuk kebutuhannya sendiri berbeda-beda, karena menyesuaikan dengan besar dan kebutuhan kendaraan. Pada pasal 34 ayat 1 dituliskan beberapa kategori yang menjelaskan kebutuhan APAR, sebagai berikut.

  • Mobil penumpang harus memiliki APAR paling sedikit satu buah.
  • Mobil barang/angkutan harus punya paling sedikit satu buah.
  • Kemudian pada bus dan transportasi sejenis diharuskan memiliki minimal dua buah APAR.

peraturan APAR di mobil

Terus, apakah ada APAR khusus untuk bisa memproteksi mobil?

Jadi, disarankan kepada semua pemilik mobil/pengemudi untuk membeli APAR yang serbaguna. Maksudnya adalah APAR yang bisa digunakan untuk memadamkan di berbagai kelas kebakaran yang umum terjadi.

Dalam peraturan APAR di mobil, sangat disarankan untuk menggunakan APAR Powder berukuran 0,5 kg atau 1 kg yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan saja. Kenapa harus APAR powder? Ya, karena jenis APAR ini sangat efektif dan mampu memadamkan api di kelas kebakaran A, B, dan C.

Peraturan APAR di Mobil - APAR untuk Mobil

Cara Memilih dan Menempatkan APAR di Mobil yang Benar

Anda salah satu pengguna kendaraan roda empat atau lebih? Apakah Anda sudah menggunakan APAR untuk mobil? Nah, sebelum melengkapi alat proteksi kebakaran pada kendaraan, yuk ketahui peraturan APAR di mobil terlebih dahulu, sebagai berikut.

1. Jangan Sembarang Pilih APAR

Kebutuhan proteksi kebakaran pada setiap aset berbeda-beda ya! Jadi tak bisa disamakan jenis dan ukuran APAR-nya. Jika salah memilih APAR, yang ada malah menimbulkan resiko dan berbahaya untuk diri Anda sendiri.

Pastikan cek terlebih dahulu klasifikasi kelas kebakaran untuk dapatkan alat pemadam api yang sesuai dengan kebutuhan proteksi kebakaran kendaraan Anda. APAR powder 1 kg merupakan APAR yang pas untuk mobil sepereti yang sudah dijelaskan di atas tadi.

2. Tempatkan APAR di Area yang Tepat

Dalam peraturan APAR di mobil, penempatan APAR pun harus di area yang mudah dijangkau dan tak mengganggu kenyamanan Anda saat menyetir. Di bawah jok pengemudi adalah tempat terbaik untuk penyimpanan APAR. Pastikan juga bahwa tabung alat pemadam terikat kuat dengan bracket, agar APAR tak akan terlepas saat mobil dikendarai.

3. APAR Wajib Dilengkapi dengan Pressure Gauge

Pressure gauge adalah alat pengukur tekanan pada tabung APAR yang penting keberadaannya. Anda bisa mengetahui tekanan dalam APAR apakah masih sesuai standar tekanan APAR atau tidak melalui komponen ini.

Poin-poin penting pada peraturan APAR di mobil di atas harus dipatuhi ya! Ini supaya Anda mendapatkan proteksi kebakaran yang optimal dan berkendara jadi lebih aman.

peraturan apar untuk gedung

Patuhi Juga Peraturan APAR untuk Gedung dari Pemerintah Indonesia

Selain menetapkan peraturan APAR di mobil, pemerintah juga sebenarnya sudah membuat peraturan terkait dengan keberadaan APAR pada sebuah gedung/bangunan. Semuanya tertulis di Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia No:4/MEN/1980.

Jadi, di dalam peraturan tersebut membahas tentang ketetapan dalam pemasangan dan pemeliharaan APAR pada sebuah gedung. Peraturan ini memang dibuat sejak lama dan bertujuan untuk menerapkan keselamatan kerja pada sebuah gedung perusahaan.

Adapun beberapa detail dari syarat-syarat/peraturan penempatan APAR di gedung bisa Anda baca di sini …

peraturan apar di mobil disertai dengan aplikasi firecek

Rekomendasi APAR untuk Mobil dan Gedung Sesuai Peraturan, Gratis Aplikasi Cek APAR

Anda sudah paham akan peraturan APAR di mobil? Pastikan juga Anda menggunakan APAR merek Firefix untuk mengoptimalkan proteksi kebakaran Anda, ya!

peraturan APAR di mobil dari pemerintah

Harga APAR mobil 1 kg merek Firefix hanya Rp180.000,00 saja lho! Kualitasnya pun sangat memukau dan ada banyak keuntungan yang bisa Anda rasakan, sebagai berikut.

  • APAR Rekomendasi Damkar

    Alat pemadam api Firefix bisa dibilang merupakan alat pemadam api kualitas terbaik. APAR Firefix bahkan direkomendasikan oleh Damkar, lho! Hal ini karena APAR Firefix telah lulus uji lab Damkar DKI Jakarta dan memperoleh sertifikat dengan nomor LAB-DAMKAR-DKI-NO. 11/LHU/I/2020.

  • Didukung Aplikasi Cek APAR

    Dalam peraturan APAR juga disejaskan agar tetap merawat alat pemadam api secara berkala. Untuk perawatan APAR Firefix dijamin tak ribet, bahkan bisa lewat smartphone Anda. Pada tabung APAR Firefix terdapat QR code yang terintegrasi dengan aplikasi cek APAR, Firecek. Ingin periksa kelayakan dan masa berlaku APAR hingga atur jadwal refill kini bukan hal yang menyulitkan lagi!

  • Bergaransi 5 Tahun

    Selain bisa memenuhi peraturan alat pemadam api di mobil, Anda bisa hemat 2x! Pasalnya APAR Firefix ini digaransi selama 5 tahun.

  • Media Pemadam Mumpuni

    Anda perlu tahu bahwa media APAR Firefix amat cepat dan efektif untuk memadamkan api. Media powder Firefix ini tekenal anti gumpal, meski sudah terkena air. Selain itu, mampu memadamkan api dalam hitungan detik. Simak video uji media pemadam dan keunggulan APAR Firefix lainnya di sini!

  • Tabung APAR Anti Bocor dan Tahan Karat

    Sesuai dengan peraturan APAR, karena tabung APAR Firefix mampu menahan tekanan lebih dari 80 bar dan tahan hingga lebih dari 15 tahun! Tabung APAR Firefix terbukti anti bocor dan tahan karat.

Tidak hanya untuk peraturan APAR mobil saja, tapi Firefix juga menyediakan alat pemadam api untuk proteksi gedung/perusahaan. Tersedia APAR dengan kapasitas 1-9 kg merk Firefix yang bisa Anda cek di sini …

Nah itu dia peraturan APAR di mobil yang perlu Anda ketahui dan juga sudah kami berikan rekomendasi merek APAR mobil. Tunggu apa lagi? Yuk, hubungi kami sekarang dan dapatkan penawaran harga menarik dari kami untuk APAR mobil berkapasitas 1 kg.

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt