Permasalahan pada APAR Beserta Solusinya, Wajib Kamu Tahu!

Dalam lingkungan rumah maupun bisnis, keberadaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) seringkali diabaikan, hingga terjadi beberapa permasalahan pada APAR. Salah satunya adalah kurangnya pemahaman akan cara perawatan yang tepat, hingga menyebabkan ketidaktahuan jika APAR membutuhkan perbaikan.

Bayangkan saja, ketika terjadi kebakaran APAR tidak bisa digunakan, tentu api dapat membesar dengan sekejap. Maka, perawatan secara teratur menjadi salah satu kunci dan solusi yang dapat mengurangi malfungsi pada APAR.

Memangnya Permasalahan APAR Seperti APA yang Sering Terjadi?

permasalahan pada tabung apar

Semakin banyak pengguna APAR, bukan berarti bisa dikatakan semua tempat aman dari kebakaran. Akan tetapi, hal tersebut justru digantungkan pada masing-masing pengguna, apakah bisa merawat APAR dengan baik atau tidak.

Di mana banyak orang yang belum mengerti kalau APAR juga memerlukan perawatan khusus. Bahkan, segala sesuatu yang terjadi pada APAR juga wajib diketahui oleh masing-masing pemiliknya. Hal tersebut bertujuan supaya masalah dapat segera diketahui dan diperbaiki.

Di bawah ini merupakan permasalahan yang sering terjadi pada APAR dan beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh sebagian besar pengguna APAR beserta solusinya.

Bolehkah APAR terkena sinar matahari?

Letakkan APAR di tempat yang teduh untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Dikarenakan paparan terus-menerus dapat merusak kekuatan dan daya tahan tabung.

penggunaan box apar

Jika kamu meletakkannya di luar ruangan, bisa menggunakan box APAR untuk melindungi tabung yang disimpan dari berbagai paparan cuaca.

Bagaimana cara mengetahui kerusakan komponen penting APAR?

Melakukan inspeksi secara menyeluruh dan berkala. Jangan lupa juga untuk mengganti komponen yang aus atau rusak, serta menyimpan APAR di tempat yang sesuai agar terhindar dari hal-hal yang dapat menyebabkan kerusakan.

inspeksi apar pakai firecek

Kamu bisa manfaatin Firecek, supaya proses inspeksi mu jadi lebih mudah. Apa itu Firecek? Baca selengkapnya di sini …

Apa yang dapat menyebabkan kelemahan struktural pada tabung APAR?

Faktor-faktor seperti kerusakan fisik atau penyimpanan yang tidak tepat dapat menyebabkan kelemahan struktural pada tabung APAR.

Baca artikel kami tentang Standar Penempatan APAR yang Benar Menurut Permenakertrans.

Bagaimana cara meminimalkan risiko kerusakan akibat penyimpanan yang tidak tepat?

Menyimpan tabung APAR di area yang steril (non-korosif), kering, dan terlindungi dari paparan sinar matahari langsung dapat membantu meminimalkan risiko kerusakan.

Bagaimana cara memeriksa tekanan dalam tabung APAR?

Untuk memeriksa tekanan dalam tabung APAR, kamu bisa melihatnya di indikator tekanan (pressure gauge).

standar tekanan tabung apar

Pastikan jarum berada pada area hijau (green sector) yang menandakan tekanan di dalam tabung baik-baik saja. Akan tetapi, jika jarum menunjukkan pada area merah (red sector) itu menandakan ada permasalahan pada tekanan APAR.

Jika terletak di red sector bagian kiri, berarti tabung tidak ada tekanannya. Namun, ketika jarum menunjukkan area red sector bagian kanan, itu menandakan terjadi kelebihan tekanan/over pressure.

Apa yang dapat dilakukan untuk mencegah korosi pada tabung APAR?

Permasalahan pada APAR ini sering terjadi. Hal yang bisa kamu lakukan, yaitu melakukan pelapisan atau pelindung tambahan pada tabung APAR menggunakan box APAR.

Selain itu, kamu juga perlu menjaga kebersihan dan kekeringan area penyimpanan, supaya membantu mencegah korosi pada tabung.

Apakah APAR harus di gantung?

Ya, peletakan alat pemadam api diwajibkan untuk digantung. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari kelembaban pada lantai yang dapat mempengaruhi media pemadam api.

penempatan apar harus digantung

Selain itu, dengan digantungnya APAR juga bertujuan agar tabung tidak tersenggol atau mencelakakan pengguna jalur.

Penempatan APAR di dalam mobil apakah diperbolehkan dalam kondisi miring?

Boleh saja, asalkan penempatannya paten/tidak mudah tergelinding maupun berpindah tempat. Jadi, kamu bisa meletakkan APAR menggunakan bracket yang telah di bor pada bagian mobil.

Seperti apa penempatan APAR yang ideal dengan cara digantung?

Penempatan yang optimal untuk APAR yang digantung adalah di ketinggian 15-125 cm dari lantai. Sehingga dapat dijangkau dengan mudah oleh orang dewasa saat alat tersebut dibutuhkan.

standar penempatan apar digantung

Dengan meletakkan APAR diposisi tersebut, akan memastikan isi media pemadam terlindungi dari kelembaban lantai yang bisa merusaknya. Sehingga, potensi permasalahan pada APAR dapat diminimalisir dengan baik dan efektif.

Bagaimana cara mengecek APAR cartridge yang tidak memiliki pressure gauge?

Kamu bisa mengecek APAR jenis cartridge tersebut dengan cara dibalik tabungnya setiap sebulan sekali supaya tidak terjadi pengendapan pada media pemadam api.

Namun, untuk mengecek catridge-nya tetap harus dibongkar untuk memastikan bahwa cartridge yang terpasang masih segel atau sudah berlubang (dilakukan oleh teknisi ahli).

Apakah boleh meletakkan APAR dengan posisi digantung secara horizontal bukan vertikal?

Agar APAR berfungsi secara optimal, disarankan untuk menempatkannya secara vertikal dengan cara digantung di dinding. Pastikan juga posisinya berjarak 15-125 cm dari lantai, sesuai dengan regulasi nasional dan internasional.

Sehingga, penempatan APAR dengan cara digantung dalam posisi horizontal sangat tidak disarankan, ya.

Dry Chemical Powder APAR, pakai yang 40% atau 70%?

Media pemadam api Dry Chemical Powder yang biasa digunakan, yaitu 40%, 70%, dan 90%, atau sesuai permintaan client. Akan tetapi, selama ini standarnya 40% dan itu sudah cukup baik untuk memadamkan api.

Berapa masa expired untuk jenis APAR AF11?

Penting untuk diingat bahwa masa expired/kadaluarsa dari APAR jenis AF11 atau APAR jenis liquid gas dapat berbeda-beda, tergantung mereknya.

Untuk produk-produk merek GuardALL dan Firefix yang kami tawarkan, masa kadaluarsanya dapat mencapai hingga 5 tahun.

Jika APAR AF11 berumur 5 tahun, tapi tekanannya masih baik, apakah tetap harus di isi ulang?

Sebaiknya tetap dilakukan isi ulang, mengingat media pemadam api di dalamnya bisa berubah bentuk atau efektivitasnya sudah menurun. Selain itu, ketika isi ulang bisa sekalian dilakukan pengecekan spare part tabung.

Karena fungsi dari isi ulang APAR sebenarnya tak hanya mengganti, tetapi mengecek spare part pada tabung yang memerlukan penggantian.

Contohnya pada seal spindle dan seal head pada APAR. Bagian tersebut menggunakan material karet yang mana memiliki masa expired juga.

Jika kamu bayangkan, karet lama dengan karet baru pastinya memiliki tingkat elastisitas yang berbeda. Jika sudah tidak elastis/kaku/retak, maka bisa membuat APAR malfungsi saat digunakan (tidak ready to use).

Apakah APAR bisa dipakai berulang kali?

Bisa, tapi INGAT! Setelah menggunakan, pastikan tabung segera diisi ulang dengan media pemadam api yang baru. Sehingga, APAR bisa digunakan kembali jika terjadi kebakaran lagi.

Berapa kali APAR diisi ulang?

Untuk setiap merek, tentu saja berbeda-beda. Akan tetapi, jika kamu menggunakan APAR merek GuardALL dan Firefix, kamu bisa mengisi ulang setiap 2 sampai 5 tahun sekali, dengan rincian sebagai berikut:

  • APAR Powder: 5 tahun sekali
  • APAR Liquid Gas: 5 tahun sekali
  • APAR CO2: 5 tahun sekali
  • APAR Foam: 2 tahun sekali

Perlu diingat juga, meskipun belum sampai di usia yang disebutkan di atas, ada beberapa penyebab yang mengharuskan kamu tetap harus segera mengisi ulang.

Contohnya, APAR sudah pernah digunakan atau tekanan di dalam tabung APAR turun karena terjadi permasalahan pada APAR.

Berapa tekanan normal pada APAR?

Normalnya, setiap tabung APAR memiliki tekanan antara 15 – 20 bar, ya. Jadi, tidak boleh kurang atau lebih dari range angka tersebut. Jika hal tersebut terjadi, segera service APAR ke tempat pengisian ulang tabung APAR terdekat.

Kenapa tekanan APAR turun?

Permasalahan APAR tersebut bisa saja disebabkan karena adanya kebocoran pada tabung atau kurang rapatnya pengait/kunci antara ujung tabung dengan valve APAR.

Apa maksud indikator tekanan APAR yang berwarna merah?

pressure gauge APAR menunjuk ke warna merah

Jadi, jika jarum pressure gauge mengarah pada bagian merah sebelah kiri, berarti tekanan APAR kurang, atau bahkan tidak ada tekanan sama sekali.

Kemudian jika jarum mengarah pada warna merah bagian kanan, maka itu tandanya terjadi over pressure atau kelebihan tekanan pada tabung APAR.

Jika kamu menemui permasalahan pada APAR yang seperti ini, segeralah melakukan perbaikan di tempat service APAR terdekat.

Jenis APAR seperti apa yang cocok untuk proteksi area panel listrik?

Jadi, disarankan untuk menggunakan APAR CO2. Karena media tersebut tidak meninggalkan residu, sehingga tidak akan mengotori/merusak instalasi listrik di sekitarnya.

cek APAR gartis untuk mencegah permasalahan pada APAR

APAR yang bermasalah bisa menyebabkan pemadaman gagal dilakukan. Agar APAR selalu ready to use saat dibutuhkan, penting untuk melakukan pengecekan dan perawatan APAR secara rutin. Nggak punya tim khusus buat cek ratusan APAR di perusahaanmu? Tenang, Bromindo ada untuk Anda!

Bromindo menyediakan Layanan Cek APAR Gratis Sampai 5 Tahun untuk perusahaan terpilih. Dengan layanan eksklusive ini, pengecekan APAR di perusahaanmu jadi lebih praktis dan hemat biaya karena gratis. Nantinya, teknisi profesional kami akan datang ke perusahaanmu secara rutin setiap 6 bulan sekali untuk mengecek APAR-mu. Praktis kan?

Nah, di atas merupakan deretan pertanyaan terkait dengan permasalahan pada APAR yang sering dikeluhkan. Semoga kamu terbantu dengan adanya Q&A di atas dan jika kamu ada pertanyaan lainnya, bisa tuliskan di kolom komentar, ya!

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt