Standar Penempatan APAR Apa Saja Aturannya?

Standar penempatan APAR sangat penting, apalagi ketika sudah dirumuskan dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No : PER.04/MEN/1980 Tentang Syarat-syarat Pemasangan dan Pemeliharaan Alat Pemadam Api Ringan. Ternyata penempatan APAR tidak boleh sembarangan dan ada aturan yang harus diikuti.

Aturan-aturan Standar Penempatan APAR yang Harus Dipenuhi

Ada beberapa aturan standar penempatan APAR yang harus diikuti dalam menempatkan APAR dengan baik. Supaya APAR tetap dalam kondisi baik dan mudah diakses ketika terjadi kebakaran, nah poin-poinnya adalah sebagai berikut:

Standar Penempatan APAR yang Harus Dipenuhi

  • Cari tempat penempatan APAR yang bebas dari halangan apapun dan mudah diakses ketika kebakaran atau masa darurat.
  • Pasang APAR pada dinding, minimal 15 cm dari atas lantai, atau idealnya 125 cm dari atas lantai.
  • Berikan tanda APAR tepat di atas APAR setelah APAR dipasang.
  • Jarak antar satu APAR dengan lainnya adalah 15 cm, atau bisa disesuaikan mengikuti saran dari ahli K3.

Standar Penempatan APAR Outdoor Harus Dilengkapi dengan Box APAR

Selain harus memperhatikan empat poin standar penempatan APAR di atas, jika Anda menempatkan APAR di luar ruangan (outdoor) harus melengkapinya dengan box APAR. Mengapa harus menggunakan box APAR? Karena kondisi di luar ruangan dapat merusak APAR jika APAR terkena paparan cuaca ekstrem.

Jika APAR terkena paparan matahari secara langsung dan kelembapan hujan, maka komponen pada APAR yang tidak dilindungi box APAR akan mengalami korosif. Jika APAR mengalami korosif, bukan tidak mungkin APAR akan sulit dioperasikan karena ada komponen yang rusak.

Standar Penempatan APAR Outdoor Harus Dilengkapi dengan Box APAR

Selain itu, media pemadam api di dalam APAR juga riskan rusak jika tidak dilindungi box APAR. Jika media menggumpal, maka saat APAR digunakan media tidak akan bisa keluar dan dapat mengakibatkan ledakan pada tabung APAR, sangat fatal bukan akibatnya? Oleh sebab itu, APAR di luar ruangan harus dilengkapi dengan box APAR.

Selain Standar Penempatan APAR, Pengecekan APAR Rutin Juga Harus Diperhatikan

Jika sudah mengikuti standar penempatan APAR, maka langkah selanjutnya adalah merawat APAR secara rutin. Sekarang ini, sudah ada aplikasi APAR yang akan membantu Anda merawat dan memonitor APAR Anda secara rutin. Aplikasi APAR ini bernama Firecek, yang bisa Anda pasang di smartphone.

Aplikasi APAR ini memiliki fitur inventory dan juga schedule yang akan mengingatkan Anda tentang schedule inspeksi APAR rutin dan juga menyimpan data hasil inspeksi Anda. Semakin ringkas bukan merawat APAR mengunakan aplikasi APAR ini? Yuk, ga perlu ragu lagi, segera unduh Firecek untuk merawat APAR Anda!

Standar Penempatan APAR dan Pengecekan APAR Modern Firecek

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt