Sudahkah Standar Tekanan APAR Milik Anda?

Alat pemadam api ringan atau sering disebut APAR memerlukan ketelatenan dalam merawatnya. Anda sebagai pemilik APAR harus mengetahui kapan tanggal kadaluarsa media APAR milik Anda dan juga standar tekanan APAR. Hal tersebut dimaksudkan supaya Anda bisa memaksimalkan performa APAR milik Anda.

Tekanan pada tabung APAR sering dikaitkan dengan performa APAR. Tekanan APAR sangat krusial, karena ‘elemen’ inilah yang akan membawa media APAR keluar dari tabung APAR untuk memadamkan api. Maka tak ayal jika ada masalah pada tekanan APAR, alat pemadam api ringan tidak bisa bekerja maksimal.

 

Apa Saja Karakteristik Standar Tekanan APAR Normal?

Sistem tekanan dari alat pemadam api ringan terbagi menjadi dua yaitu sistem stored pressure dan juga cartridge. Untuk menentukan tekanan dari masing-masing APAR dengan sistem tersebut ada triknya tersendiri.

Standar Tekanan APAR Normal Apa Saja

Untuk APAR dengan sistem stored pressured, ada komponen bernama pressure gauge. Komponen pressure gauge akan menunjukan tekanan dalam APAR. Jika jarum pada manometer masih ada di area hijau (15-20 bar), maka bisa dikatakan tekanan pada APAR tersebut masih normal.

Lalu APAR dengan sistem cartridge bisa dicek dengan cara melihat leher tabungnya, karena tidak ada pressure gauge pada jenis APAR ini. Lihat segel yang terpasang pada ulir leher tabung. Jika segel tersebut masih terpasang dengan baik seperti ketika APAR dibeli/selesai diisi ulang, berarti tekanan APAR masih normal.

 

Penyebab APAR Tidak Sesuai Standar Tekanan APAR

Penyebab tekanan APAR berkurang ada dua, yang pertama karena ada komponen yang rusak. Biasanya komponen yang membuat tekanan APAR berkurang adalah tubuh tabung yang mulai keropos. Tekanan yang berkurang juga bisa diakibatkan oleh seal yang tidak sesuai dengan tabung APAR.

Penyebab kedua tekanan APAR berkurang adalah karena human error. Hal ini bisa disebabkan teknisi yang tidak teliti saat melakukan pengisian media dan tekanan APAR. Bisa juga pemilik tabung APAR sering bermain-main dengan komponen APAR, sehingga ada beberapa komponen yang secara tidak sengaja tertekan dan mengeluarkan tekanan dalam APAR.

Standar Tekanan APAR Tidak Sesuai

Dengan sangat pentingnya tekan pada tabung APAR, maka Anda harus sering melakukan servis dan harus ditangani oleh vendor yang tepat. Perencanaan service juga pencatatan data APAR Anda juga harus selalu dilakukan, karena data ini digunakan sebagai acuan inspeksi berikutnya.

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt