Tutorial Menggunakan Alat Pemadam Jenis APAR

Alat pemadam api ringan atau sering juga disebut APAR adalah salah satu alat pemadam api yang cukup dikenal dan digunakan oleh masyarakat luas. Meski benda ini sudah cukup dikenal oleh masyarakat, namun masih banyak yang belum mengetahui tutorial menggunakan alat pemadam ini.

Penggunaan APAR secara salah atau asal-asalan dapat menyebabkan upaya pemadaman api tidak bisa maksimal. Nah, sebelum kami beri trik dalam menggunakan APAR dengan benar, akan kami awali dengan sedikit rangkuman kesalahan penggunaan APAR yang sering terjadi.

Kesalahan yang Sering Terjadi Ketika Menggunakan APAR

Tutorial Menggunakan Alat Pemadam Contoh yang Benar

  • Mengangkat tabung APAR dengan cara dijinjing. Kesalahan tersebut akan menyebabkan pengguna APAR kelelahan, apalagi jika berat tabung di atas 6 kg. Ditambah lagi jika jarak sumber api dan tempat penyimpanan APAR cukup jauh. Cara yang benar adalah dengan memanggul tabung APAR.
  • Menekan tuas pemicu pada APAR bersamaan dengan melepas safety pin adalah hal yang keliru. Dengan menekan tuas pemicu, safety pin akan menjadi berat untuk dibuka. Jadi ketika hendak melepas safety pin, pastikan tuas tidak sedang Anda tekan.
  • Dalam memegang selang APAR masih banyak orang yang asal-asalan dalam menggunakannya. Kebanyakan orang masih memegang selang pada bagian tengahnya. Hal ini mengakibatkan selang tidak terarah, mengingat tekanan APAR yang mencapai 13 bar. Cara yang benar dalam memegang selang adalah dengan memegang ujungnya.
  • Kesalahan terakhir yang cukup sering dilakukan oleh pengguna APAR adalah menghemat media dalam APAR. Dengan menghemat media APAR dan mengeluarkannya sedikit-sedikit, justru akan mengurangi upaya dari pemadaman api. Langkah yang tepat adalah menekan tuas dengan maksimal supaya api cepat padam.

Setelah mengetahui kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan dalam menggunakan APAR, di bagian selanjutnya akan diberikan trik menggunakan APAR dengan benar.

 

Tutorial Menggunakan Alat Pemadam Api Ringan Simple dan Tepat

PASS adalah singkatan dari Pull, Aim, Squeeze dan Sweep, ini adalah langkah mudah dan tepat dalam mengoperasikan APAR. Supaya lebih jelas tentan PASS, di bawah ini akan kami jelaskan langkah-langkahnya.

Tutorial Menggunakan Alat Pemadam Api Ringan Simple dan Tepat

  1. Pull adalah tindakan menarik safety pin pada APAR.
  2. Aim atau mengarahkan nozzle ke arah sumber api.
  3. Squeeze berarti menekan tuas pemicu pada APAR.
  4. Sweep dilakukan dengan mengibaskan ujung selang dari kiri ke kanan secara perlahan pada sumber api.

Setelah Anda mengetahui trik dalam menggunakan APAR dan apa saja kesalahan-kesalahan yang biasa dilakukan dalam pengoperasian APAR, diharap Anda kedepannya bisa melakukannya dengan benar. Apalagi jika sampai terjadi kebakaran, Anda tidak akan kebingungan lagi dalam mengoperasikan APAR dan siap sedia untuk memadamkan api.

Leave a Comment

Contact Us

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Not readable? Change text. captcha txt